Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, Tim TMMD 119 Kodim 0322/Siak Lakukan Berbagai Macam Penyuluhan Melalui Kegiatan Non Fisik, Berikut Capaiannya 

Selasa, 27 Februari 2024 - 17:29:29 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Selain proyek fisik, tim TMMD 119 Tahun 2024 Kodim 0322/Siak juga melaksanakan sejumlah kegiatan non fisik yang bertujuan meningkatkan wawasan dan kualitas hidup masyarakat khususnya di Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Riau, Selasa (27/02/2024).

Pada hari ke-7 pelaksanaan TMMD, penyuluhan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara telah berhasil mencapai 100%. Yang mana, dalam hal ini masyarakat mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pentingnya cinta tanah air dan kewajiban untuk ikut serta dalam bela negara.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Dandim 0322/Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho M.Han, kepada Catatanriau.com, melalui keterangan tertulisnya. Dijelaskan Dandim, adapun untuk upaya pencegahan bahaya narkoba, penyuluhan ini juga telah berhasil mencapai 100%.

"Penyuluhan ini, bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang resiko dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh narkoba, serta pentingnya menjauhkan diri dari penggunaan substansi tersebut," paparnya.

Selain itu lanjut dia, tim TMMD Kodim 0322/Siak juga telah berhasil melakukan penyuluhan tentang pertanian dengan capaian 100%, yang mana dalam hal ini, tim TMMD memberikan informasi dan teknik terkini dalam bidang pertanian kepada petani lokal. 

"Hal ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani," katanya.

Sementara itu lanjut Dandim, penyuluhan tentang Keluarga Berencana (KB) masih 0%. Meskipun penyuluhan mengenai keluarga berencana belum mencapai target 100%, pihak pelaksana berkomitmen untuk terus memberikan informasi dan dukungan kepada masyarakat guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai KB.

"Kemudian penyuluhan tentang komunikasi sosial dan pemberdayaan masyarakat, hal ini juga belum mencapai target pada hari ke-7 ini, namun tim memastikan akan mengambil langkah-langkah untuk pelaksanaan penyuluhan ini dalam waktu dekat," katanya lagi.
 

Selanjutnya penyuluhan tentang Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla), capaian kerja ini kata Dandim juga masih 0%. 

"Upaya untuk memberikan informasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan masih dalam proses, dan akan dipercepat untuk mencapai target capaian kerja yang diharapkan," paparnya.

Adapun untuk penyuluhan tentang pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) capaian kerja penyuluhan ini juga masih 0%.

"Pemberdayaan UMKM juga menjadi fokus kegiatan non fisik, meskipun belum mencapai target capaian kerja pada hari ke-7 ini," ulasnya.

Dan terakhir yaitu penyuluhan tentang hukum dan agraria, capaian kerja penyuluhan ini juga masih 0%.

"Penyuluhan mengenai hukum dan agraria masih dalam tahap persiapan, dengan harapan dapat segera diimplementasikan untuk memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat setempat," katanya.

Diakhir dijelaskan Dandim, TMMD 119  Kodim 0322/Siak akan terus berkomitmen untuk menyediakan penyuluhan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Sehingga tidak hanya infrastruktur fisik yang berkembang, tetapi juga peningkatan kualitas hidup secara menyeluruh," tutupnya.***

Laporan : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex